Selasa, September 23, 2008

Telkomsel Flash unlimited



Telkomsel telah memulai babak baru akses internet tanpa batas melalui jaringan GSM dengan meluncurkan paket Telkomsel Flash baru dengan konsep akses internet tanpa batas/unlimited. Istilah tanpa batas disini artinya untuk menikmati akses internet melalui jaringan GSM Telkomsel, pemakai cukup membayar biaya bulanan dengan tarif tertentu, dan dia dapat berinternet ria tanpa batasan waktu pemakaian atau jumlah data yang diakses. Maka itu dengan berlangganan paket unlimited ini, pemakai tidak perlu kuatir akan dikenai biaya kelebihan pemakaian yang sering membuat tagihan internet membengkak. Meski demikian, istilah unlimited disini masih terdapat batasan secara tak langsung, artinya bila pemakaian jumlah data yang diakses setiap bulannya telah melebihi 3 GB maka kecepatan akses datanya (dinyatakan dalam kbps) akan disesuaikan diturunkan.


Tabel diatas saya buat untuk menunjukkan perbandingan singkat antara paket lama (Regular Browser-volume based) dan paket baru (unlimited) yang ditawarkan oleh Telkomsel. Bila dicermati, penawaran paket unlimited ini memiliki kesamaan dengan paket lama yaitu dalam hal nama pilihan paket dan sistem pentarifan. Namun tidak ada keterangan resmi apakah paket unlimited ini ditujukan untuk menggantikan paket sebelumnya atau bukan. Apabila paket unlimited ini terpisah dari paket volume based, saya yakin para pelanggan paket volume based akan banyak yang beralih ke paket unlimited ini. Bayangkan saja, misalnya pelanggan lama yang berlangganan paket volume based jenis Basic yang membayar biaya bulanan sebesar 125 ribu rupiah, selama ini hanya mendapat jatah akses data sebesar 500 MB. Kini dengan harga paket yang sama, siapa yang tidak ingin beralih ke paket unlimited?

Namun perlu diingat bahwa hal diatas tadi tidak berlaku pada paket Flash lainnya yaitu Regular Downloader, karena pada paket ini Telkomsel menerapkan pola pentarifan berbasis waktu (time based). Selain itu paket ini telah menjadi pilihan menarik untuk para pemakai Telkomsel pra-bayar seperti Simpati dan kartu As yang ingin menikmati download kecepatan tinggi tanpa harus menjadi pelanggan pasca-bayar.

Bagi pemakai kartu Halo, pilihan internet unlimited memakai Flash ini tentu menggiurkan. Meski bukan tergolong broadband, kecepatan paket Basic yang maksimal hingga 256 kbps semestinya sudah lumayan mencukupi untuk kebutuhan browsing biasa. Untuk mencicipi paket Unlimited jenis Basic ini, pemakai tidak harus memiliki ponsel atau modem HSDPA, cukup dengan modal perangkat ponsel UMTS/3G biasa seharusnya sudah bisa dipakai untuk akses data 256 kbps. Namun bagi para pecinta broadband yang ingin tetap berada di jalur cepat bisa mencoba paket Unlimited yang Pro, asal tidak keberatan dengan tarif bulanannya yang mencapai 400 ribu rupiah.

Selamat datang era internet tanpa batas… :~

0 komentar:

Posting Komentar